Selasa, 09 November 2010

Kepribadian Bangsa Timur

Bangsa Timur terkenal sebagai bangsa yang santun. Manusia mendiami wilayah yang berbeda dan lingkungan yang berbeda juga. Kepribadian setiap manusia suatu wilayah pun menjadi berbeda dengan yang lainnya

Dunia mengenal bangsa timur dengan kepribadian yang baik, sebagai bangsa yang ramah dan bersahabat. Berbeda dengan bangsa barat yang terkesan individualistis, orang-orang dari bangsa lain cenderung menyukai kepribadian bangsa timur yang tidak individualistis dan saling tolong menolong satu sama lain.

Kepribadian bangsa timur juga sangat dipengaruhi oleh nilai dan norma agama. Dan pada umumnya adalah agama islam, meskipun tidak hanya agama islam yang berkembang di wilayah ini. Agama memiliki pengaruh yang menonjol terhadap kepribadian seseorang. Ajaran-ajaran agama dan nilai serta norma yang diberikan membentuk kebudayaan bangsa timur.

Bangsa Timur juga sangat mempertahankan kebudayaan yang dimiliki, pada umumnya bangsa timur kaya akan budaya dan melestarikannya. Kehidupan supranatural dan mistik masih terasa kuat, karena masyarakat sendiri memeliharanya. Kepercayaan-kepercayaan pada hal supranatural lebih kuat dibanding bangsa barat.


Adat istiadat masih dipegang teguh, karena norma dan kesopanan sangatlah penting di dalam budaya timur. Contohnya ketika bertamu ke rumah tetangga, memberikan salam, menyapa orang lain, dan masih banyak lagi. Yang membedakan dengan bangsa barat, bangsa timur menghormati orang yang lebih tua dengan panggilan yang berbeda.



Dalam segi sosial pun bangsa timur terkenal ramah terhadap orang lain, memiliki rasa simpati dan empati yang tinggi terhadap sesama. kepedulian terhadap sesama lebih terasa dalam kehidupan sehari-hari. Menjalin hubungan silahturahmi adalah hal yang penting dan dijaga dengan baik.

Dilihat dari cara berpakaian pun menunjukkan kepribadian bangsa timur yang cenderung sopan serta tertutup, meskipun dewasa ini akibat pengaruh globalisasi segalanya telah berubah, tapi pada dasarnya dilihat dari cara berpakaian masih tergolong mayoritas sopan.

1 komentar:

Zainal Faruq mengatakan...

budaya bukan hanya sebatas kata... tp bisa jauh dari itu...

Posting Komentar